Latest Movie :

Psikotes

Soal Psikotes


1. Tes Logika Penalaran

Soal tes logika penalaran ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi dan lain-lain. Yang menjadi penilaian dalam tes ini adalah kemapuan Anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu (berbentuk gambar) dengan melakukan prediksi berdasarkan pola gambar tersebut:

Contoh soal tes logika penalaran

contoh soal logika penalaran
Tips dan cara mengerjalan soal logika penalaran

Sebelum Anda mengerjakan tes logika penalaran konsetrasikan pikiran Anda, hati-hati dan teliti dalam mengerjakan soal. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama. Jika Anda belum bisa mengerjakan salah satu soal segera lompat kesoal berikutnya atau kesoal yang lebih mudah, karena waktu terus berjalan.

2. Tes PAPI (Perception and Preference Inventory)

Tes PAPI lebih cenderung kepada tes kepribadian diri, yaitu mengungkap motivasi, gaya kepemimpinan, level energi, lingkungan sosial, gaya pekerjaan, temperamen dan hubungan sosialisasi antara sesama karyawan dan atasan.
 
Contoh soal test PAPI

soal test papi

a. Saya adalah pemimpin yang baik
b. Saya selalu mengerjakan pekerjaan dengan teliti

Tips dan cara mengerjakan soal tes PAPI

Sebelum Anda mengerjakan soal tes PAPI, penitia penyelenggara psikotes akan memberikan aba-aba, seperti anda diminta untuk memilih salah satu kecenderungan yang menurut anda ada pada diri anda atau yang paling sesuai dengan sifat dan karakter pribadi Anda. Jika jawaban Anda adalah pernyataan yang pertama maka Anda akan diminta melingkari tanda panah diatas nomor soal dan begitu pula dengan sebaliknya. Saran saya sesuaikan jawaban Anda dengan jenis serta posisi pekerjaan yang Anda lamar, dan jawablah setiap pertanyaan dengan konsisten namun fleksible. Misalnya Anda melamar sebagai ODP Bank Mandiri atau Bank BNI dan bank lannya atau PPS di pertamina, posisi ini merupakan pembentukan leader untuk regenerasi pemimpin di perusahaan tersebut. Maka konsistenkan jawaban Anda yang berhubungan erat dengan kepemimpinan, kerja keras dan cerdas serta loyalitas.

3. Army Alpha Intelegence Test

Tes ini terdiri atas 12 soal atau lebih, yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk ruang. Salah satu soal terkadang memiliki kaitan dengan soal sebelumnya. Yang menjadi penilaian dalam tes army alpha intelegence ini adalah kemampuan daya serap Anda dalam menerima informasi dan melaksanakan instruksi dari atasan dengan cepat dan tepat. Test ini juga sering keluar jika Anda melamar dan mengikuti psikotes di bank khususnya pada posisi sebagai Account Officer (AO) maupun Founding Officer (FO)

Contoh soal psikotes army alpha intelegence

contoh soal army alpha intelegence test

Tips dan cara mengerjakan soal army alpha intelegence :

Konsentrasikan pikiran Anda kepada apa yang dikatakan narator atau panita psikotes, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Jadi, manfaatkan waktu tersebut dengan efektif dan efesien. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Karena jika Anda tidak sabar untuk mendengar dan fokus terhadap apa yang dikatakan oleh narator maka untuk menjawab soal anda akan kebingungan.

4. Baum Tree Test (Tes Psikotes Menggambar Pohon)

Tes psikotes menggambar pohon ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon. Sebelum anda mengerjakan soal psikotes ini, narator akan memberi ketar HVS kosong dan sedikit petunjuk kriteria pohon yang boleh digambar seperti :

  • pohon berkambium (dicotyl)
  • bercabang dan berbuah.
  • dan pohon yang berdaun

Anda tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl dan sejenisnya. Pada umumnya penilaian atas tes ini adalah seberapa jauh tingkat imajinasi Anda, kreatifitas mengenai detil-detil serta ketelitian Anda dalam bekerja nanti serta kedisiplinan dan ketanggapan Anda dalam memahami perintah yang disampaikan kepada Anda. Usahakan gambar poshon yang Anda gambar sedetail mungkin dan berbentuk. Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang.

Contoh soal psikotes menggambar pohon

 
Trik Tes Psikotes Angka Penjumlahan buat tes kerja (Pauli n Kreaplin)
  
Angka yang saya cetak tebal adalah jawaban dari soal bentuk Kraepelin,susunan soal kraepelin yaitu angka-angka yang memanjang hingga ke bawah kemudian setelah mencapai batas bawah dimulai menjawab kembali dari atas kolom beikutnya dengan lembar soal sebesar kertas Koran bolak-balik dan waktu yang terbatas.

Pembasan di [1,1] kolom pertama baris pertama dan [1,2] kolom pertama baris ke dua terdapat angka 4 dan 5,tugas anda hanya menjumlahkan bilangan tersebut dan menuliskannya di tengah-tengah kolom ke pinggir sedikit.. 4 + 5 = 9,,dan untuk kasus 1 + 9 = 0, 4+8 = 2, karena yang diminta jawaban hanya dalam bentuk satuan.untuk lebih jelas tentang contoh tes ini cek aja di KRAEPELIN-PAULI tes

Menurut saya pribadi tampak jenis tes seperti ini untuk melihat dan mengukur seberapa jauh Tingkat konsentrasi,kestabilan,performa kerja dan bagaimana menghadapi kerja dibawah tekanan.

Karena dalam tes ini kami tidak mengetahui waktu yang diberikan dan kami berlomba-lomba untuk mengisi sebanyak-banyak dan tidak lupa menggaris ketika pengawas ujian memerintahkan (ketika menggaris tanpaknya dsini akan dilihat tingkat grafik perfoma kerja apa cenderung meningkat,menurun atau stabil?),untuk perhitungan( dilihat tingkat konsentrasi dan pengaruh tekanan kerja)

Saran saya dalam tes kraepelin:

1.Konsentrasi pada lembar jawaban sendiri,jangan terpengaruh dengan peserta ujian yang lain,walaupun mereka telah mengerjakan dengan sangat cepat,karena belum tentu mereka lebih teliti.

2.Cermat dan teliti

3.Buatlah dan pertahankan Ritme pengerjaan (jika anda sudah mendapatkan ritmenya,maka akan terasa lebih mudah)
 
Share this article :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda (^_^)
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Poskan Komentar

 
Support : | |
Copyright © 2013. Restikalna - All Rights Reserved
Template Created by Published by
Proudly powered by Blogger